Rabu, 10 Agustus 2022

Pembelajaran Kontekstual, Ajak Peserta Didik Jadi Jurnalis Cilik



Keterangan: Dokumentasi wawancara

Bantaeng - SMPN 1 Bantaeng, Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong peserta ddidik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya. Pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik ini diharapkan mampu menemu kenali serta mengembangkan bakat dan minat peserta didik pada bidang tertentu. 

Seorang Guru Bahasa Indonesia SMPN 1 Bantaeng, Erni Irawati, S.Pd., M.M yang menganut konsep pembelajaran kontekstual pada pembelajarannya merasa senang dan bangga terhadap peserta didik, Menyesuaikan dengan kompetensi dasar dan tujuan pembelajarannya peserta didik diharapkan mampu mengembangkan bakatnya terutama pada bidang jurnalistik "Dengan adanya teks berita yang melibatkan secara langsung, apa yang biasa dia lihat dalam media, tentang penyebaran informasi baik pada stasiun tv, anak bisa mempraktikannya secara langsung dengan tetap mengacu pada tujuan pembelajaran." Ucapnya (Rabu, 10 Agustus 2022) 

Iapun berharap siswa mampu mengembangkan keterampilan berbahasa (membaca, mendengarkan, menulis dan menyimak) secara lisan maupun tulisan. Namun lebih lanjut ia mengatakan bahwa kemampuan anak itu berbeda-beda "Tidak dituntut untuk menjadi seorang ahli paling tidak mereka bisa tahu serta memahami yang mereka lihat sehingga bisa ia tunjukkan pada saat proses pembelajaran serta ke depannya." Pungkasnya

Iapun menambahkan dalam proses peembelajarannya sekitar 75% peserta didik mampu memahami sebuah materi pada kompetensi dasar akan menjadi syarat untuk melangkah ke bagian selanjutnya.




.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Selamat Datang di Website Resmi SMP Negeri 1 Bantaeng | Design by SMPN 1 Bantaeng